no fucking license

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back

ICloudice.com

Your description here.

Notification texts go here Contact Us Buy Now!
Bookmark

Penjelasan dan Contoh Contoh Paradox Pada Perjalanan Waktu

Terinspirasi dari Video Agung Hapsah - Paradox Pada Perjalanan Waktu

Kita semua pasti pernah berpikir untuk kembali kemasa lalu untuk memperbaiki sesuatu yang tidak kita inginkan. Namun tentu hal itu mustahil karena saat ini kita 'belum' mampu melakukan penjelahan waktu atau Time Travel. Namun, bagaimana jika bisa ? Jika bisa maka akan terjadi sesuatu yang disebut Paradox.



Paradoks adalah sebuah situasi dimana manusia menolak kejadian yang telah ditentukan takdirnya, dan akan menciptakan sebuah kontradiksi atau konflik yang berkepanjangan dan tidak bisa dihentikan lagi.

Ada beberapa jenis Paradox, antara lain :

1. Predestination paradox
Yang pertama adalah Predestination Paradox. Predestination Paradox adalah suatu kegiatan yang tidak memiliki awal atau akhir, hanya sebuah lingkaran kegiatan itu saja. Bahasa simpelnya sih kegiatan itu ngulang ulang terus.

Sebagai contoh, anggap aja ada seorang murid yang baru pulang sekolah. Lalu ia mendapatkan sebuah brosur dari orang misterius yang mengenakan topi dan tudung jaket sehingga wajahnya tidak terlihat. Sesampainya dirumah ia melihat brosur tersebut dan ternyata terdapat kunci jawaban untuk ulangannya besok. Karena dia tidak percaya dia tidak menggunakan kunci jawaban tersebut. Keesokannya saat ulangan dia tidak dapat menjawab soal soalnya. Sesampainya dirumah ia membuat kunci jawaban dari soal yang tadi, lalu memakai topi dan tudung jaket. Dan ia kembali kemasalalu menyamar menjadi penyebar brosur. Ia kemudian melihat dirinya sedang pulang sekolah dan memberikan brosur yang sebenarnya adalah kunci jawaban tersebut, dan sesampainya dirumah ia melihat brosur tersebut dan ternyata terdapat kunci jawaban. Namun ia tidak percaya dan tidak menggunakan kunci jawaban tersebut. Hmm, Paradox.


2. Grandfather Paradox
Grandfather Paradox adalah Paradox yang sangat populer, dimana kamu tidak akan bisa membunuh kakekmu sendiri, karena jika itu terjadi ayahmu tidak akan lahir, jika ayahmu tidak lahir aka kamu tidak akan lahir, dan tidak akan ke masa lalu dan membunuh kakekmu sendiri.

Sebagai contoh : Misalkan kamu kembali ke masa lalu untuk membunuh kakek mu ,maka ayahmu tak akan penah lahir dan kamu juga tidak akan pernah lahir,jadi siapa yang kembali ke masa lalu untuk membunuh kakekmu ? Hmmm ... Paradox.


3. Ontological Paradox
Ontological Paradox adalah ketika seseorang atau objek dikirim melalui waktu dan didapatkan oleh orang lain  dan tindakannya akan memicu orang atau objek yang asli kembali dari waktu ketika mereka datang di tempat pertama, sehingga lingkaran tanpa titik awal yang jelas. Bingung ? Contoh nya adalah seperti ini :

Misalkan aku sedang mendengarkan sebuah lagu dan aku ingin bertemu penciptanya,tapi aku tidak bisa karna orang itu sudah meninggal,lalu aku kembali kemasa lalu untuk bertemu penciptanya saat aku bicara dengan orang itu aku menyanyikan lagu nya,dia menulis lagu itu untuk dijadikan lagunya karna dia menganggap lagu yang aku nyanyikan itu bagus,lalu siapa yang menciptakan lagu itu ,dia tidak akan bisa menciptakan lagu itu kalau aku tak memberi tahu nya dan aku tak akan bisa memberi tahu nya kalau dia tak menciptakan lagu tersebut. Hmm, Paradox.


4. Sexual Paradox
Sexual Paradox yaitu ketika kamu kembali kemasa lalu dan membuat keturunan dengan seseorang yang berhubungan denganmu. Sebagai contoh :

Misalkan kamu ke masa lalu untuk bertemu ibu mu ketika dia masih remaja,kalian jatuh cinta, lalu menikah dan punya anak. Lalu siapa anak itu? Apakah anak itu adalah dirimu ? Dan Mungkinkah kamu meng"Ayahi" dirimu sendiri ? Ah, Paradox.


Nah jika kalian ingin lebih memahami tentang Paradox, kalian bisa meonton film Predestination yang akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang Paradox itu sendiri.



Yak begitu tadi beberapa penjelasan gw tentang Paradox Pada Perjalanan Waktu. Semoga gak membingungkan. Jangan lupa komen dan share post ini.


4 comments

4 comments

  • Unknown
    Unknown
    January 14, 2019 at 12:54 AM
    Tapi saya mau bertanya masing masing paradoks, lansung saja.
    Pertanyaan 1: misalkan (seperti contoh paradoks predestination) tapi sebelum murid itu belum kemasa lalu siapa yang menyebarkan brosur itu? Dan jika murid itu membiarkan hal itu terjadi makan dia akan abadi?
    Pertanyaan 2: misalkan (seperti contoh paradoks Grandfather) tapi setelah dia membunuh kakeknya apa yang terjadi pada pembunuhnya, menghilang? Dan dunia setelah kakeknya menikah dengan nenek menghilang? Menghilang kemana? Terus kehidupan sang nenek bagaimana?
    Pertanyaan 3: misalkan (seperti contoh paradoks ontological) tapi agak sedikit berubah, jika lagu itu ditulis sebelum ia lahir, dan penulis lagu itu meninggal sebelum ia lahir, maka ia mendahului ia sendiri saat lahir? Lalu bagaimana menulis surat lahirnya?
    Pertanyaan 4: misalkan (seperti contoh paradoks sexual) tapi saya mencampur paradoks predestination dengan sexual paradoks. Jika ia membiarkan meng"ayahi" dirinya sendiri dan membiarkan dirinya pergi kemasa lalu maka, sebenarnya ia akan melihat dirinya sendiri jatuh cinta kepada ibunya sendiri saat remaja dan ingatannya akan mengingat saat ia melihat dirinya sendiri jatuh cinta pada ibunya sendiri saat remaja maka, ia yang lain kehidupannya seperti apa?
    • Unknown
      diz
      May 17, 2019 at 12:37 AM
      itulah mengapa disebut paradoks dimasa semua itu akan terus memutar tanpa ada suatu arah yang jelas dimana akan berakhir dan paradox pasti selalu menyiskana banyak pertanyaan. maka banyak teori yang mencoba memberikan laternatif lain ataupun membantah teori tersebut diatas seperti misalnya a new world theory dimana kalau seseorang pergi melintas waktu untuk mengubah sesuatu dimasa lalu kakeknya, maka ia akan mengubah masa lalu kakeknya di realitas atau semesta yang lain dan membuat sebuah masa depan alternatif yang mana tidak akan mengubah apapun di masa dimana kamu sekarnag hidup. jadi theori ini memberikan sebuah penggabrana dimana kita hidup dalam percabangan semesta dimana kita bisa pergi dan muncul dari satu semesta/realtis ke semesta/realitas yang lain. dalam fisika hal ini disebut dengan kuantum superstision.

      namun teori yang membantah mengenai konsep perjalanan waktu adalah Teori Hukum termodinamika II dimana semesta ini berjalan menuju ke sebuah kompleksitas/ ketidakteraturan. dan entropi sabagai satuan kompleksitas yang paling tinggi derajatnya. semakin berjalannya waktu entropi alam semestas semakin menuju ke ketidak teraturan. contohnya manusi akan termakan waktu mengalami penuaan dan tidak bisa melawan proses penuaan sehingga menurut teri ini waktu berjalan ke masa depan dan yidak bisa mundur ke belakang
    Reply
  • RenyaYukimura
    RenyaYukimura
    September 11, 2018 at 7:51 PM
    Apa bisa tolong jelaskan kalimat yg bermajas paradox yg ada pada subtitle gambar di atas? Saya masih belum mengerti tentang kalimat itu.
    Terimakaaih.
    Reply
  • RenyaYukimura
    RenyaYukimura
    September 11, 2018 at 7:50 PM
    Apa bisa tolong jelaskan kalimat yg bermajas paradox yg ada pada subtitle gambar di atas? Saya masih belum mengerti tentang kalimat itu.
    Terimakaaih.
    Reply